pengunjung

Minggu, 22 Maret 2020

GURU PEMBERI PENCERAHAN TENTANG VIRUS CORONA

Apa yang harus kita ketahui di saat suasana penuh berita dan banyak orang membicarakan virus corona .sebagai pendidik paling tidak bisa memberikan jawaban dan pencerahan pada masyarakat di sekitar kita.buat mereka faham dan jangan panik....

1). ODP : Orang Dalam Pemantauan.
Orang ini wajib mengisolasi diri (tidak keluar rumah, tidak kontak langsung dengan orang lain) selama waktu tertentu.

2). PDP : Pasien Dalam Pengawasan.
Orang ini telah  Menunjukan  gejala -gejala  hampir dinyatakan positif dan menjalani perawatan medis di rumah sakit atau klinik pengobatan.

3). Suspect : Diduga seseorang terkena virus terjangkitnya suatu penyakit, karena sudah  menunjukkan gejala dan pernah kontak langsung atau bertemu dengan orang yang positif terjangkit.

4). Positif : Penetapan status orang yang terjangkit suatu penyakit setelah melalui prosedur cek laboratorium dan proses terkait lainnya.

5). Lockdown = "Kunci Pati", artinya :  Mengunci/menutup lalu~lalangnya orang yang masuk-keluar dari/ke suatu wilayah/daerah/negara.

6). Social Distancing : Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

7). Isolasi : Penyekatan bagi orang yg sakit (yang sudah dinyatakan positif ternjangkit suatu penyakit).
Hal ini dimaksudkan untuk mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah penularan dari orang yang sakit kepada orang yang sehat).

8). Karantina : Pemisahan bagi orang yang sehat dari kontak langsung dengan orang sudah terjangkit suatu penyakit.
Hal ini dimaksudkan untuk mengendalikan penyebaran penyakit tertentu dengan cara membatasi perpindahan orang (mencegah agar orang yang sehat tidak tertulari penyakit).

dari orang yang telah dinyatakan positif terjangkit kepada orang yg sehat).

9). Work From Home (WFH) : Bekerja dari rumah.

10). Imported Case : Seseorang yang terjangkit suatu penyakit saat berada di luar wilayah dimana pasien melapor.

11). Local Transmission : Pasien tertular di suatu wilayah dimana asal kasus penyakit ditemukan.

12). Epidemi : Penyebaran suatu penyakit secara cepat dengan jumlah yang terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebarannya di wilayah tertentu.

13). Pandemi : Penyebaran suatu penyakit yang terjadi secara luas lintas wilayah/global.

14). Termometer Tembak : Alat pengukur suhu tubuh manusia yang menggunakan sinar inframerah untuk mendeteksi, tanpa menyentuh tubuh orang yang dideteksi dengan cara "menembak" permukaan kulit, terutama dahi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar