Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan pembelajaran
yang mengakomodir kebutuhan murid yang berbeda-beda. Guru pada hakikatnya perlu
melakukan pembelajaran berdiferensiasi mengingat betapa heterogennya siswa yang
ada di kelas. Strategi Pembelajaran berdiferensiasi yang dapat diterapkan oleh
guru antara lain Diferensiasi berdasarkan :
Konten
Proses
Produk.
Diferensiasi Konten : Berkaiatan dengan apa
yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar
murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat murid dan aspek profil
belajar murid atau kombinasi dari ketiganya.
Diferensiasi Proses : Berkaitan dengan proses
kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan oleh Guru. Dalam proses ini
guru perlu memahami apakah murid akan belajar secara berkelompok atau mandiri.
Diferensiasi Produk : Berkaitan dengan Produk yang akan di hasilkan oleh siswa. Produk yang dimaksud di sini merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukan pada guru. Produk adalah sesuatu yang ada wujudnya bisa berbentuk karangan, tulisan, hasil tes, pertunjukan, presentasi, pidato, rekaman, diagram, dan sebagainya. Yang paling penting produk ini harus mencerminkan pemahaman murid yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan
Kebutuhan Belajar Siswa
Berdasarkan Minatnya, Kebutuhan belajar siswa dapat
digolongkan menjadi :
Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat Siswa
Berdasarkan Kesiapan Belajar (Readiness) Siswa
Berdasarkan Profil Belajar Siswa
Diagram Frayer Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi
Definisinya : Pembelajaran yang dirancang
berdasarkan minat, Profil Belajar dan kesiapan belajar siswa
Ciri – Ciri : Memiliki Pendekatan yang berbeda
antara murid yang satu dengan lainnya berdasarkan Minat, Profil Belajar dan
Kesiapan Belajar, Memiliki Proses yang berbeda dan Menghasilkan Produk yang
berbeda
Contoh : Pembelajaran yang menghasilkan Produk
yang berbeda sesuai dengan pendekatan Minat dan Gaya Belajar Murid serta Murid
dibagi atas beberapa kelompok berdasarkan kebutuhan belajarnya..
Kesimpulan
Pembelajaran berdiferensiasi (differentiated
instruction) merupakan sebuah proses untuk pengajaran yang efektif dengan
memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam
komunitas ruang kelasnya. Pembelajaran ini dilakukan dengan beraneka ragam,
termasuk cara untuk :
Mendapatkan konten;
Mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan
Mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran
penilaian.
Tujuan dari pembelajaran berdiferensisasi ini
adalah agar siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang
kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif.
Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk
menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing
siswa.
Dalam menerapkan pembelajaran Berdiferensiasi, Guru hendaknya mampu menyajikan pembelaajran yang sesuai dengan kebutuhan Siswa. Namun, setiap orang yang terlibat harus mengambil tanggung jawab masing-masing. Guru dan murid harus bekerja sama untuk kesuksesan bersama dan tercapainya tujuan belajar yang sudah ditentukan sebelumnya
Salam Guru penggerak
suber https://sebuahtutorial.com/pembelajaran-berdiferensiasi-di-kelas/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar