pengunjung

Minggu, 04 September 2022

Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?

Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan murid yang berbeda-beda. Guru pada hakikatnya perlu melakukan pembelajaran berdiferensiasi mengingat betapa heterogennya siswa yang ada di kelas. Strategi Pembelajaran berdiferensiasi yang dapat diterapkan oleh guru antara lain Diferensiasi berdasarkan :

Konten

Proses

Produk.

Diferensiasi Konten : Berkaiatan dengan apa yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat murid dan aspek profil belajar murid atau kombinasi dari ketiganya.

Diferensiasi Proses : Berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan oleh Guru. Dalam proses ini guru perlu memahami apakah murid akan belajar secara berkelompok atau mandiri.

Diferensiasi Produk :  Berkaitan dengan Produk yang akan di hasilkan oleh siswa. Produk yang dimaksud di sini merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukan pada guru. Produk adalah sesuatu yang ada wujudnya bisa berbentuk karangan, tulisan, hasil tes, pertunjukan, presentasi, pidato, rekaman, diagram, dan sebagainya. Yang paling penting produk ini harus mencerminkan pemahaman murid yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan

Kebutuhan Belajar Siswa

Berdasarkan Minatnya, Kebutuhan belajar siswa dapat digolongkan menjadi :

Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat Siswa

Berdasarkan Kesiapan Belajar (Readiness) Siswa

Berdasarkan Profil Belajar Siswa

Diagram Frayer Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi



Definisinya : Pembelajaran yang dirancang berdasarkan minat,  Profil Belajar dan kesiapan belajar siswa

Ciri – Ciri : Memiliki Pendekatan yang berbeda antara murid yang satu dengan lainnya berdasarkan Minat, Profil Belajar dan Kesiapan Belajar, Memiliki Proses yang berbeda dan Menghasilkan Produk yang berbeda

Contoh : Pembelajaran yang menghasilkan Produk yang berbeda sesuai dengan pendekatan Minat dan Gaya Belajar Murid serta Murid dibagi atas beberapa kelompok berdasarkan kebutuhan belajarnya..

Kesimpulan

Pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) merupakan sebuah proses untuk pengajaran yang efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya. Pembelajaran ini dilakukan dengan beraneka ragam, termasuk cara untuk :

Mendapatkan konten;

Mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan

Mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian.

Tujuan dari pembelajaran berdiferensisasi ini adalah agar siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif.

Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa.

Dalam menerapkan pembelajaran Berdiferensiasi, Guru hendaknya mampu menyajikan pembelaajran yang sesuai dengan kebutuhan Siswa. Namun, setiap orang yang terlibat harus mengambil tanggung jawab masing-masing. Guru dan murid harus bekerja sama untuk kesuksesan bersama dan tercapainya tujuan belajar yang sudah ditentukan sebelumnya

Salam Guru penggerak

suber https://sebuahtutorial.com/pembelajaran-berdiferensiasi-di-kelas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar